Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Siswa SMK Cendekia Kota Cirebon

Authors

  • Suhandi Progam Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam, Bunga Bangsa Cirebon, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55324/basic.v5i1.169

Keywords:

Peran, Guru, Pendidikan Karakter

Abstract

Dalam pembentukan karakter siswa di sekolah peran guru pendidikan agama islam sangat penting. Dengan demikian Skripsi ini membahas tentang peran guru agama islam dalam peningkatan penididikan karakter. Kajian penelitian ini dilatar-belakangi oleh nilai sikap peserta didik kian menurun. Hal tersebut yang membawa peneliti mengadakan penelitian di salah satu sekolah SMK Cendekia Kota Cirebon yang mana telah berupaya membentuk peserta didiknya berkarakter.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan agama islam dalam peningkatan pendidikan karakter siswa SMK Cendekia Kota Cirebon, serta mengetahui langkah-langkah dan dampak dari peran guru dalam peningkatan pendidikan karakter siswa di SMK Cendekia Kota Cirebon.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dalam mencari data yang diperlukan.

Hasil penelitian ini, yaitu: Pertama, SMK Cendekia Kota Cirebon peningkatan pendidikan karakter siswa peran guru pendidikan agama islam menjadi peran penting didalam meningkatkan pendidikan karakter siswa SMK Cendekia Kota Cirebon, Kedua langkah-langkah pembentukan karakter di SMK Cendekia selain peran guru agama islam juga ada program kegiatan pembentukan karakter. Ketiga, dampak dari peran guru dalam peningkatan pendidikan karakter di SMK Cendekia Kota Cirebon mengalami perkembangan yang baik yang dapat dibuktikan anak-anak yang setelah selesai belajar di SMK Cendekia Kota Cirebon selain mereka mendapatkan ilmu kejuruan dan juga dapat mencerminkan perilaku yang baik dan mampu membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan baik.

Peran guru pendidikan agama islam serta program dalam peningkatan pendidikan karakter di SMK Cendekia Kota Cirebon diharapkan dapat merubah penilaian sikap peserta didik dan peran guru pendidikan agama islam selalu dijadikan sebagai landasan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik.

Downloads

Published

2021-03-15