Desain Bahan Ajar Modul Bersumber Hasil Studi Naturalistik Pasar Tradisional Kramatmulya Kabupaten Kuningan
DOI:
https://doi.org/10.55324/basic.v4i1.173Keywords:
pasar tradisional kramatmulya, sosial ekonomi, snowball, modulAbstract
Gagasan tentang studi naturalistik di pasar tradisional ini didasari oleh keinginan untuk mengeksplor fenomena sosial ekonomi didalam lingkungan pasar sebagai suatu sumber belajar untuk kemudian dibuat bahan ajar berupa modul yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: 1) mendeskripsikan fenomena sosial ekonomi apa yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar Pasar Kramatmulya Kuningan, dan 2) mendesain bahan ajar modul yang bersumber pada hasil studi naturalistik di lingkungan Pasar Kramatmulya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif tipe naturalistik dengan metode deskriptif kualitatif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara obervasi partisipatif, wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan angket (questioner) untuk validasi modul. Instrumen penelitian yaitu peneliti itu sendiri. Sampel yang digunakan yaitu snowball sampel, dengan subjek penelitian yaitu pedagang, pembeli, distributor dan pengelola pasar. Keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi sumber dari penelitian terdahulu yang relevan.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang fenomena sosial ekonomi Pasar Tradisional Kramatmulya diantaranya yaitu proses penyaluran barang dagangan, proses jual beli, dan cara menjual barang dagangan. Desain bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu berupa modul pembelajaran untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang berisi materi umum yang dikemas dengan fenomena sosial ekonomi Pasar Tradisional Kramatmulya. Modul yang dibuat memiliki tiga bagian yaitu bagian pembuka, bagian inti, bagian penutup, dan telah di validasi oleh ahli dengan kesimpulan layak di ujicobakan di sekolah.