Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Daya Serap Siswa Pada Pelajaran PAI Kelas VIII

Authors

  • Chusnul Qotimah Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
  • Luthfiah Annaziiha Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55324/basic.v5i1.189

Keywords:

Efektivitas, Mind Map, Daya Serap Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya daya serap siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran karena suasana belajar yang monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat daya serap siswa pada mata pelajaran PAI yang menggunakan pembelajaran konvensional ( K ontrol) di kelas VIII , menggunakan model pembelajaran Mind mapping (eksperimen) di kelas VIII, dan perbedaan tingkat daya serap siswa pada mata pelajaran PAI antara kelas kontrol dan kelas eksperimen di kelas VIII SMP Bina Cendekia Astanajapura Kab upaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan menggunakan desain penelitian model eksperimen-kontrol design, untuk membandingkan tingkat daya serap siswa pada mata pelajaran PAI antara yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping di kelas VIII SMP Bina Cendekia Astanajapura Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian melalui tes dan dokumentasi. Untuk mengukur besarnya perbedaan tingkat daya serap siswa pada mata pelajaran PAI tersebut digunakan uji t dengan Independent Samples Test dengan bantuan program IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping efektif digunakan untuk meningkatkan daya serap siswa kelas VIII SMP Bina Cendekia Astanajapura Kabupaten Cirebon

Downloads

Published

2021-03-15