Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VIII MTSN 4 Kabupaten Cirebon

Authors

  • Indah Kurniasih Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
  • Luthfiah Annaziiha Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55324/basic.v4i1.190

Keywords:

E-learning, Hasil Belajar, Fikih

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan pendidikan di Indonesia yang saat ini sedang mengalami keadaan darurat yang menekankan dunia pendidikan untuk memiliki terobosan yang memudahkan pembelajaran yang efektif meskipun tidak lagi menggunakan pembelajaran tatap muka, sehingga menggunakan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data tentang penerapan pembelajaran online berbasis e-learning di Fiqh, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Fiqh tentang hasil belajar, dan untuk menemukan seberapa besar pengaruh e-learning terhadap hasil belajar di Fiqh untuk kelas VIII MTs Negeri 4 Cirebon. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk jenis penelitian survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 4 Cirebon, total 256 siswa dibagi menjadi 9 kelas. Sampelnya adalah 72 siswa yang menggunakan random sampling. Data dianalisis dengan SPSS untuk menguji analisis inferensial dengan regresi sederhana. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada efek signifikan antara pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih untuk kelas VIII di MTs Negeri 4 Kabupaten Cirebon.

Downloads

Published

2020-03-15