Efektivitas Penerapan Media Pamflet dalam Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Tarikh Islam Kelas II DTA Roudlotul Muta’allimin Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.55324/basic.v4i2.192Keywords:
Efektivitas, Media Pamphlet, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan Media pamflet (menggunakan potongan-potongan cerita dari teks buku atau sumber laiinnya) pada mata pelajaran Tarikh Islam kelas II DTA Roudlotul Muta’allimin Kabupaten Cirebon. Sehingga membantu guru untuk menjadikan pembelajaran Tarikh Islam yang bervariatif, menumbuhkan minat serta motivasi belajar peserta didik (dalam budaya baca dan menulis sejarah), dan bisa mendapatkan hasil belajar yang mencapai KKM. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif jenis komparatif (membandingkan nilai hasil belajar siswa sebelum dan sesudah) dengan pendekatan Empirik. Penelitian ini merupakan penelitian populasi sampling, karena mengambil seluruh siswa kelas II di DTA Roudlotul Muta’alimin Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2020-2021. Sampel yang digunakan adalah 21 responden (100% dari 21 siswa). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan Uji Normalitas Data dan Uji T-test. Bila dilihat dari nilai rata-rata ((X)) hasil belajar anak sebelum menggunakan media pamflet yaitu, 58 dan nilai rata-rata ((X)) hasil belajar sesudah menggunakan media pamflet yaitu 78,14. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan artinya pembelajaran dengan penerapan media pamflet berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Tarikh Islam kelas II DTA Roudlotul Muta’allimin Kecamatan Plered Kabupaten CirebonPublished
2020-09-15
Issue
Section
Articles