Efektivitas Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV Di SDN 3 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.55324/basic.v4i2.193Keywords:
Model Talkingstick, Hasil Belajar, SDN 3 SurakartaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI sebelum menggunakan model talking stick dan sesudah menggunakan model talking stick di kelas IV SDN 3 Surakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, dan teknik pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan dengan sampel kelas IV SDN 3 Surakarta yang berjumlah 15 siswa sebagai responden. Hasil sebelum menggunakan model talking stick nilai rataratanya 61,6 skor terendahnya 55 dan skor tertingginya 65. Sedangkan hasil nilai sesudah menggunakan model talking stick nilairata-ratanya adalah 94, 33, skor terendahnya 65 dan skor tertingginya 100. Hasil penelitian yang didapati bahwa sebelum menggunakan model talking stick siswa cenderung kejenuhan dalam proses pembelajaran, sedangkan sesudah mengguankan model talking stick siswa menjadi semangat dan aktif dalam belajar. Hal ini bahwa nilai rata-rata sebelum dan sesudah mengalami peningkatan yang signifikan. Dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pretest 61,6, sedangkan nilai rata-rata posttest 94,3 sehingga ada peningkatan sebanyak 32,7. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa Pada pengujian hipotesis, dilakukan perhitungan dengan pengujian thitung.dari hasil perhitungan pretest thitung 61,67 sedangkan nilai posttest sebesar 94,33. Berdasarkan data tersebut diketahui thitung 61,7> 94,33, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara nilai pretest dan posttest. artinya, penggunaan model pembelajaran talking stick dianggap efektif terhadap pembelajaran PAI di kelas IV.Published
2020-09-15
Issue
Section
Articles