Pengaruh Metode Tahfidz dan Takrir Terhadap Pencapaian Hasil Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas Tahfidz Mi Al Washliyah Perbutulan Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.55324/basic.v4i2.194Keywords:
Metode Tahfidz, Takrir, Pencapaian Hasil HafalanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penggunaan metode tahfidz dan takrir terhadap pencapaian hasil hafalan Al-Qur’an siswa tahfidz MI Al Washliyah Perbutulan Cirebon. Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif, pendekatannya dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena mengambil jumlah keseluruhan responden, dengan jumlah 20 responden. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi dan dua variabel yang ada yaitu variabel X (Metode Tahfidz dan Takrir) dan variabel Y (Pencapaian Hasil Hafalan Siswa). Kemudian data penelitian dari dua variabel diolah untuk mengetahui dan menjawab pertanyaan penelitian. Hasil perhitugan dengan koefisien korelasi dan analisi regresi, dimana terdapat pengaruh antara korelasi variable X terhadap variable Y adalah sebesar 0,998 yang berarti dikategorikan sangat kuat. Pada taraf signifikasi 0,05nilai t_(hitung ) (7,558) dan t_tabel 1,734 Dengan demikian nilai t_(hitung ) (7,558)≥t_tabel 1,734 , artinya terdapat pengaruh yang positif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y.
Penilitian ini diharapkan bisa dijadikan sebagai bahan informasi dan masukan untuk kegiatan menghafal Al-Qur’an bagi sekolah-sekolah yang berbasis Al-Qur’an khususnya di MI Al Washliyah Perbutulan CirebonPublished
2020-09-15
Issue
Section
Articles