Pengaruh Penggunaan Media Aplikasi Presentasi Power Point terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon

Authors

  • Delin Apriyani Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55324/basic.v5i2.196

Keywords:

Aplikasi Presentasi, Power Point, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan media aplikasi presentasi PowerPoint terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumber. Kajian dilatarbelakangi oleh adanya masa pandemi Covid-19 yang berakibat pada proses pembelajaran di sekolah saat ini. Setiap sekolah diharapkan selalu melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bosan saat belajar terlebih pembelajaran saat ini dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media aplikasi presentasi PowerPoint pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 1 Sumber. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil dari perhitungan statistik dengan analisis regresi dan uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara media aplikasi presentasi PowerPoint (X) terhadap hasil belajar kognitif siswa (Y). Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah khususnya di SMP Negeri 1 Sumber, terutama dalam pembelajaran daring saat ini untuk senantiasa berinovasi agar siswa lebih semangat belajar sehingga hasil belajar akan lebih baik lagi.

Downloads

Published

2021-09-15