Memotivasi Santri dalam Kajian Kitab Turots: Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Hidayat Rembes Tegalgubug

Authors

  • Fasikhah Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55324/basic.v5i2.197

Keywords:

Studi Kasus, Motivasi Santri, Kitab Turots

Abstract

Penelitian ini membahas kemampuan santri di Pondok Pesantren Al-Hidayat Rembes Tegalgubug Arjawinangun Cirebon yang masih rendah dalam  membaca  kitab turots padahal dalam hal ini merupakan identitas santri untuk bisa membaca kitab turots. Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam seharusnya menjadi pelopor dan penggerak yang mana jika ada santri yang kurang mampu dalam melaksanakan kegiatan madrasah memperlihatkan sikap dan perilaku yang kurang baik dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui upaya pengasuh Pondok Pesantren Al-Hidayat Rembes Tegalgubug Arjawinangun Cirebon dalam meningkatkan motivasi santri dalam mengikuti kajian kitab Turot, penggunaan metode pembelajaran yang digunakan pengasuh Pondok Pesantren tersebut dalam meningkatkan motivasi santri dalam mengikuti kajian kitab Turot, dan hasil pembelajaran pondok pesantren Al-Hidayat Rembes Tegalgubug Arjawinangun Cirebon dalam meningkatkan motivasi santri dalam mengikuti kajian kitab Turot. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mengahasilkan sebuah deskripsi penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar santri dalam kajian kitab Turots di pondok pesantren Al-Hidayat Rembes Tegalgubug Arjawinangun Cirebon dikatakan sudah terlaksana dengan baik dan cukup efektif, dengan adanya upaya pengasuh pondok pesantren dalam pelaksanaanya meningkatkan motivasi belajar santri dalam kajian kitab Turots  dengan menggunakan bermacam-macam metode yang bervariasi maka peserta didik mampu dan senang menerima pelajaran. Jadi dalam memotivasi santri dalam kajian kitab turots, pengasuh dituntut untuk memiliki kemampuan memimpin yang baik yang dapat mampu menciptakan nuansa lingkungan belajar efektif dan optimal untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam.

Downloads

Published

2021-09-15