Efektivitas Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.55324/basic.v5i2.198Keywords:
Efektivitas, Hasil Belajar, Pendekatan SaintifikAbstract
Tesis ini membahas efektivitas pendekatan ilmiah terhadap hasil belajar di kelas IX Akhlak Akidah Learning di MTs Negeri 10 Cirebon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan hasil belajar dalam pembelajaran Akidah Akhlak sebelum menggunakan pendekatan ilmiah, menemukan hasil belajar Akidah Akhlak setelah menggunakan pendekatan ilmiah, dan menemukan perbedaan dalam hasil belajar Akidah Akhlak sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan ilmiah. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan teknik pretest dan posttest. Data penelitian diproses menggunakan Uji Validitas, Uji Keandalan, Tingkat Kesulitan, Kekuatan Pembeda, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Pengujian Hipotesis. Penelitian ini dilakukan dengan sampel kelas IX di MTs Negeri 10 Kabupaten Cirebon, berjumlah 30 siswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan ilmiah diharapkan dapat memberikan nilai lebih bagi siswa di sekolah. Dengan pendekatan ilmiah ini, diharapkan siswa akan lebih termotivasi dan aktif dalam belajar moral.