Hubungan Intensitas Siswa Mengikuti Pelajaran Pendidikan Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Sehari-Hari

Authors

  • Dewi Ratnawati Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon (IAI BBC), Indonesia
  • Askarno Universitas Kuningan (UNIKU), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55324/basic.v4i2.200

Keywords:

Intensitas SIswa, Pendidikan Akhlak, Perilaku Siswa

Abstract

Pendidikan merupakan bagian integral di dalam kehidupan manusia, karena melalui pendidikan berlangsungnya proses pewarisan keyakinan, norma susila, pandangan hidup (way of life), ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Intensitas siswa, perilaku siswa serta hubungan keduanya dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Akhlak di DTA Ash-Shiddiqiyyah Cempaka. Metode yang digunakan dalam penulisan ini ialah metode deskriptif. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah Angket-Observasi-Studi Kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh intensitas siswa mengikuti pelajaran Pendidikan Akhlak hubungannya dengan perilaku siswa sehari-hari adalah sebesar 22%. Dengan demikian, masih ada 78% lagi faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi perilaku seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Published

2020-09-15