PENERAPAN METODE HATAM DALAM MENGATASI INTERFERENSI RETROAKTIF DI SD PESANTREN MASYARAKAT DIGITAL, CIBINONG, BOGOR
Keywords:
Penerapan Metode Hatam, Interferensi RetroaktifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Implementasi metode HATAM (Hafal Tanpa Menghafalkan) dalam mengatasi interferensi retroaktif di SD Pesantren Masyarakat Digital Cibinong, Bogor Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang di lakukan melalui wawancara kemudian observasi dan dokumentasi. Sumber data di peroleh dari ustadz, ustadzah dan para santri sebagai informan pendukung. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Metode HATAM di SD Pesantren Masyarakat Digital Cibinong, Bogor menurut hasil penelitian dikategorikan efektif. Selain itu metode HATAM diterima dengan baik oleh para santri, karena dirasa mudah dan membuat ingatan dapat bertahan lebih lama. 2) Interferensi Retroaktif santri di SD Pesantren Masyarakat Digital Cibinong, Bogor menurut hasil penelitian dikategorikan berkurang dan lebih baik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari banyaknya santri yang sudah mampu melafalkan ayat Al-Qur’an yang sebelumnya pernah dihafalkan dengan lancar tanpa adanya kekeliruan antara ayat satu dengan ayat yang lainnya.