METODE PEMBELAJARAN REHEARSAL DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IMAN KEPADA QADHA DAN QADAR
Keywords:
Metode Rehearsal, Hasil Belajar, Metode PembelajaranAbstract
Abstrak
Terdapat suatu Fenomena yang cukup memprihatinkan tentang prestasi belajar siswa di SMAN 1 Cikijing dengan prestasi belajar siswa yang masih rendah. Keadaan seperti ini disebabkan karena efektifitas strategi pembelajaran rehearsal pada mata pelajaran PAI yang kurang baik antara guru dengan siswa dan siswa hanya sekedar diminta untuk mengingat materi pelajaran yang diberikan, sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI masih rendah. Hal ini terbukti dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI rata-rata nilai siswa sebesar 71dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran rehearsal terhadap prestasi belajar siswa memahami iman kepada qadha dan qadar pada mata pelajaran PAI di kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Cikijing. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), direncanakan dalam 2 siklus. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan studi yang sistematis dilakukan dalam upaya memperbaiki praktek-praktek dalam pendidikan dengan melakukan tindakan praktis secara refleksi. Berdasarkan hasil penelitian: Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bahwa tentang materi Iman kepada Qadha dan Qadar melalui metode pembelajaran Rehearsal di Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 1 Cikijing, memperoleh nilai pada siklus I nilai rata-rata sebesar 75, pada siklus II sebesar 88. Hal ini dapat diartikan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan metode pembelajaran rehearsal, selain berpengaruh terhadap rencana dan pelaksanaan pembelajaran, juga berpengaruh terhadap kemampuan memahami iman kepada qadha dan qadar.
Kata kunci: Metode Rehearsal, Hasil Belajar, Metode Pembelajaran
