PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19
Keywords:
Pembelajaran Matematika, Kemandirian Belajar, Pada Masa Pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pembelajaran matematika pada masa pandemi covid-19 di MI Al-Ihya Cihaur 1, (2) Mengetahui kemandirian belajar pada masa pandemi covid-19 di MI Al-Ihya Cihaur 1, dan (3) Mengetahui pengaruh pembelajaran matematika terhadap kemandirian belajar pada masa pandemi covid-19 di MI Al-Ihya Cihaur 1. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, sedangkan metode penelitiannya adalah deskriptif regresi. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa MI Al-Ihya Cihaur 1 dengan jumlah 373 siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan rumus Slovin dengan hasil perhitungan sampel sebanyak 193 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket pembelajaran matematika dan angket kemandirian belajar yang telah di uji validitas dan uji reliabilitas sebelumnya. Analisis pengujian hipotesis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi pearson dan analisis regresi yang sebelumnya telah uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji autokorelasi. Hasil dalam penelitian ini: (1) Tingkat pembelajaran matematika di MI Al-Ihya Cihaur 1 termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 54% dengan jumlah 104 siswa, (2) Tingkat kemandirian belajar di MI Al-Ihya Cihaur 1 termasuk kategori tinggi dengan persentase sebesar 51% dengan jumlah 98 siswa, dan (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran matematika dengan kemandirian belajar pada masa pandemi covid-19 di MI Al-Ihya Cihaur 1. Hasil analisis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat korelasi positif dengan nilai korelasi 0,386 yang termasuk kategori rendah dan sumbangan efektif dari pembelajaran matematika dan kemandirian belajar sebesar 15% dan sisanya 85% dipengaruhi variabel lainnya. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara pembelajaran matematika dan kemandirian belajar. Karena terdapat pengaruh positif (searah) antara pembelajaran matematika dengan kemandirian belajar, maka semakin tinggi pembelajaran matematika yang dimiliki siswa maka kemandirian belajar siswa akan tinggi begitupun sebaliknya semakin rendah pembelajaran matematika yang dimiliki siswa maka kemandirian belajar siswa akan rendah.
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Kemandirian Belajar, dan Pada Masa Pandemi Covid-19
