UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI SHALAT BERJAMAAH MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI
Keywords:
Meningkatkan Hasil Belajar, Metode DemontrasiAbstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam mencakup tiga aspek knowing yaitu agar peserta didik mengetahui dan memahami ajaran agama, doing yaitu peserta didik dapat mempraktekan ajaran agama dan being yaitu peserta didik menjalani hidup sesuai dengan ajaran agamanya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi shalat berjamaah terdapat kompetensi dasar 1). Menunaikan shalat wajib sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam 2). Memahami ketentuan shalat berjamaah 3). Mempraktekan shalat berjamaah. Namun pada kenyataannya yang terjadi banyak peserta didik yang mengaku melaksanakan shalat lima waktu secara penuh namun ketika di tes bacaan tidak hapal, materi shalat berjamaah banyak yang tidak paham, tatacara shalat berjamaah yang baik dan benar. Hal ini menunjukan dengan lemahnya kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PAI pada materi Shalat berjamaah ini dibuktikan dengan data peserta didik kelas VI SD Cibereum 2 banyak yang belum memenuhi ketuntasan belajar (KKM). Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas merupakan bentuk penelitian yang terjadi di dalam kelas berupa tindakaan tertentu yang dilakukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar guna meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Adapun hasil data yang di hasilkan dari penelitian ini yaitu Rencana pembelajaran siklus I rata-rata 3,2 atau 80% siklus II rata-rata 4,00 atau 100%. Aktivitas guru siklus I skor rata-rata 3,25 atau 81,25% siklus II skor rata-rata sebesar 3,75 atau 93,75%. Aktivitas siswa Siklus I skor rata-rata 2,75 atau 68,75% siklus II skor rata-rata sebesar 3,25 atau 81,25%. Nilai postes siklus I rata-rata 74 siklus II rata-rata 84. Penerapan metode demontrasi memberikan peningkatam hasil belajar peserta didik terbukti dengan data yang diperoleh dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan.
