STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGHADAPI PERILAKU BULLYING VERBAL DI MTsN 5 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN

Authors

  • Yesi Fitria Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Aep Saepudin Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Abstract

Perilaku bullying adalah perilaku negatif dan kontradiktif, dari nilai moral, dan etika pendidikan. Perilaku ini bertentangan dengan visi dan misi yang ada di MTsN 05 Kuningan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk perilaku bullying verbal, bagaimana strategi guru PAI dalam menghadapi perilaku bullying verbal serta mencari tahu hambatan dan solusi dalam menghadapi perilaku bullying verbal. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif, Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan ditemukannya aksi bullying verbal seperti mengejek temannya dengan perkataan kasar, menghina bentuk tubuh, warna kulit dan memanggil nama dengan sebutan nama samaran orang tuanya. Adapun strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam menghadapi perilaku bullying verbal adalah melaksanakan program Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT), memberikan pemahaman melalui hadits Nabi SAW dan menggunakan kartu lindung (card game). Sedangkan hambatan yang ditemui guru PAI dalam menghadapi perilaku bullying verbal adalah peserta didik sudah terbiasa memanggil temannya dengan sebutan yang tidak pantas dan menganggap hal itu hanya sebuah candaan. Untuk solusi yang diberikan guru PAI dalam menghadapi perilaku bullying verbal yaitu memberikan nasihat ketauladanan dari kisah Rasul, dan yang lebih utama kesadaran dari diri sendiri.

Kata Kunci: Strategi, Guru, Pendidikan Agama Islam, Bullying Verbal

Downloads

Published

2024-10-29