IMPLIKASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTsN 8 KUNINGAN

Authors

  • Asanah Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan
  • Yunita Triasih Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penggunaan media sosial instagram siswa MTsN 8 Kuningan, (2) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 8 Kuningan, (3) implikasi penggunaan media sosial instagram terhadap prestasi belajar siswa di MTsN 8 Kuningan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Sedangkan sampelnya adalah 90 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus regresi sederhana, uji validitas menggunakan product moments, dan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha, yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 8 Kuningan yang berjumlah 529 siswa. Hasil dari penelitan ini adalah berdasarkan analisis deskriptif yang telah dilakukan terhadap penggunaan media sosial Instagram siswa MTsN 8 Kuningan dari 90 sampel terdapat nilai maksimum 60 dengan mean 46,11 dan modus 48, ini berarti bahwa sebagian besar siswa menggunakan media sosial instagram. Kemudian nilai prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTsN 8 Kuningan rata-rata 88,62 yang menunjukkan bahwa nilai tersebut berada diatas KKM. Hasil uji regresi sederhana adalah t = 0,185 p = 0,854 dimana ketentuan nilai signifikan apabila t hitung > t tabel atau p < α (0,05). T tabel diperoleh dari tabel t dengan ketentuan df = N-1 (df=89) pada taraf signifikan 0,05. Oleh karena penggunaan media sosial memiliki t hitung < t tabel dan nilai p > α (0,05) maka diartikan bahawa tidak terdapat implikasi media sosial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 8 Kuningan. Nilai positif tidak signifikan dapat diartikan penggunaan media sosial meningkat akan tetapi tidak menjadikan prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran Fiqih meningkat dan pengaruh hubungan antar variabel sangat kecil. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat implikasi yang signifikan penggunaan media sosial terhadap prestasi belejar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 8 Kuningan. 

Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Prestasi Belajar Siswa

 

Downloads

Published

2024-10-29