Pengaruh Metode Menyanyi Melalui Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Aam Badriyatul Hamdiyah a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas Islam Al-Ihya Kuningan";}

Keywords:

Penggunaan Metode Menyanyi, Ice Breaking, Motivasi Belajar

Abstract

Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS di MI Negeri Cirebon masih menggunakan metode tradisional dalam proses belajar mengajar. IPS cenderung monoton dan pembelajaran berdampak pada kondisi kehidupan siswa. Hal ini berarti kurangnya motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran IPS. Dalam hal ini peneliti menerapkan metode ice-breaking singing terhadap motivasi belajar siswa, yang bertujuan untuk mengetahui reaksi penggunaan metode bernyanyi dan motivasi belajar siswa, serta menganalisis pengaruh metode ice-breaking singing terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V MI Negeri Kota Cirebon. Desain Penelitian One Shot Case Study Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas IVA, IV B, VA dan VB MI Kota Cirebon yang berjumlah 101 siswa. Sampel kelas VB MI Kota Cirebon yang berjumlah 22 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis uji determinasi nilai R menunjukkan bahwa nilai korelasi antara metode ice-breaking bernyanyi-melalui dengan motivasi belajar siswa adalah 0,767. Nilai R Square merupakan nilai determinasi (kuadrat dari koefisien korelasi 0,767) sebesar 0,588. R square disebut koefisien determinasi, yang dalam hal ini adalah 58,8%. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa 58,8% motivasi belajar siswa ditentukan dengan metode Singing Through Ice Breaking, sedangkan sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan hasil uji regresi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (4,896) lebih besar dari ttabel (2,09302) maka Ho ditolak yang artinya penggunaan metode chanting berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V/ 2 melewati MI Negeri Kota Cirebon.

Downloads

Published

2022-06-08