Perbandingan Pengaruh Pembelajaran Antara Menerapkan Metode Resiprokal Dengan Metode Tugas Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli

Authors

  • Yesi Lestari Ricasanti, a:1:{s:5:"en_US";s:34:"Universitas Islam Al-Ihya Kuningan";}
  • Ade Padillah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Mulyadi Agus Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Metode Resiprokal, Metode Tugas, Pasing Bawah Bola Voli

Abstract

Tujuan dari penyajian penulisan ini untuk mengetahui perbandingan pengaruh pembelajaran passing bawah antara menrapkan metode resiprokal dengan metode tugas terhadap keterampilan passing bawah bola voli siswa ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian ini mengadopsi metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya. Sampel penelitian sebanyak 30 orang dilakukan dengan menggunakan teknik randomisasi. Alat penelitian dengan tes standar keterampilan passing bola voli. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan uji statistic diperoleh: (1) pembelajaran passing bawah menggunakan metode resiprokal maupun menggunakan metode tugas keduanya secara signifikan berpengaruh terhadap keterampilan passing bawah bola voli. (2) pembelajaran passing bawah dengan menerapkan metode resiprokal hasilnya lebih efektif daripada menerapkan metode tugas terhadap keterampilan passing bola voli. Untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli siswa Sekolah Menengah Pertama disarankan agar menerapkan metode resiprokal.

Downloads

Published

2022-11-05