Penggunaan Metode Anca dan Shichida Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dini (Keaksaraan)
Keywords:
Metode Anca dan Metode Shichida, Membaca Dini (Keaksaraan)Abstract
Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil penerapan metode anca dalam pembelajaran membaca dini (keaksaraan) anak di KB Kemuning Putih, untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil penerapan metode shichida dalam pembelajaran membaca dini (keaksaraan) anak di KB Kemuning Putih, untuk mengetahui dan mendeskripsikan hasil perbedaan antara dengan menggunakan metode anca dan metode shichida dalam pembelajaran membaca dini anak. Metode Penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes dengan menggunakan instrumen penelitian berbentuk lembar tes untuk memperoleh nilai kemampuan membaca. Teknik pengolahan data dilakukan secara statistik dengan menggunakan Uji t-tes, yaitu analisis untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca dini pada anak antara penggunaan metode Aanca dan metode shichida. Sampel penelitian sejumlah 22 anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut : 1) kemampuan membaca (keaksaraan) anak dengan menggunakan metode anca termasuk pada kategori baik dengan rata-rata nilai sebesar 14; 2) kemampuan membaca anak dengan menggunakan metode shichida termasuk pada kategori cukup dengan rata-rata nilai sebesar 12;. Terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran dengan menerapkan metode anca dan metode shichida dalam pembelajaran membaca dini anak karena thitung 3,8 > ttabel (2,07). Maka dengan demikian penggunaan metode anca lebih baik dibanding dengan penerapan metode shichida.