Penerapan Model Teams Games Tournaments (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Dalam Pembelajaran Matematika
Keywords:
Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT, Kemampuan Matematis, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul dalam pembelajaran Matematika, dimana kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III di SDN 1 Cigadung rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya kebiasaan belajar siswa, siswa bisa belajar sendiri (individual) sehingga timbul kesulitan belajar, dan kesulitan mempelajari terutama siswa yang kemampuannya kurang. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan kemampuan matematis dalam pembelajaran matematika di kelas III SDN 1 Cigadung. Tujuan ini akan dicapai melalui identifikasi dan analisis terhadap proses penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan kemampuan matematis dalam pembelajaran matematika di kelas III SDN 1 Cigadung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh atau saturation sampling artinya semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa pretest dan posttest, angket, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas III di SDN 1 Cigadung.