Problematika Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Problematika, Kedisiplinan, SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi siswa SDN Haurkuning di kelas III serta untuk menjelaskan bagaimana kedisiplinan diterapkan di SDN Haurkuning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan kedisiplinan siswa kelas III SDN Haurkuning masih ditemukan pelanggaran kedisiplinan belajar sehingga aturan dan tata tertib sekolah dan kelas belum berjalan dengan baik. Pelanggaran aturan dan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas terjadi karena disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor utamanya adalah faktor keluarga, latar belakang keluarga yang tidak memprioritaskan pendidikan anak. Salah satu upaya yang dilakukan pihak sekolah untuk penanaman kedisiplinan siswa adalah dengan rutin menasehati dan memberi pengertian kepada siswa tentang pentingnya menaati tata tertib sekolah dan tata tertib kelas yang berlaku. kesimpulan penelitian ini yaitu kedisiplinan siswa kelas III SDN Haurkuning belum berjalan sesuai harapan Sekolah telah berusaha menanamkan kedisiplinan siswa, meskipun ada beberapa hambatan untuk melakukannya, karena beberapa faktor telah menyebabkan pelanggaran kedisiplinan.