Status Gizi Terhadap Perkembangan Kecerdasan Siswa

Authors

  • Mulyadi Agus Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Keywords:

Status Gizi, Kecerdasan, Siswa

Abstract

Kesehatan remaja sebagian besar dipengaruhi oleh asupan nutrisi dan gizi yang akan berdampak pada pertumbuhan, perkembangan, intelektual, dan produktivitas di kemudian hari. Dengan aktifitas fisik yang tidak seimbang dengan asupan makanan akan menyebabkan ketidakseimbangan antara pengeluaran energi dari makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi pada siswa kelas X SMK Al Ihya Selajambe. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik cross sectional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al Ihya Selajambe berjumlah 101 orang. Informasi yang diperoleh melalui wawancara dan data yang diambil menggunakan pengukuran IMT (Indeks Masa Tubuh) dengan cara mengukur tinggi badan dan berta badan. Hasil penelitian didapatkan berdasarkan IMT 101 responden, 50 responden (49,51%) dengan status Underweight , 44 responden (43,6%) dengan status Normal, 5 responden (4,95%) dengan status Overweight dan 2 responden (1,98%) dengan status Obesity. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu adanya upaya dari sekolah untuk edukasi pendidikan gizi bagi siswa kelas X SMK Al Ihya Selajambe agar mendapatkan gizi yang seimbang.

Downloads

Published

2024-12-24