Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Keterampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran Matematika
Keywords:
Penerapan, Model Pembelajaran Team Games Tournament, Keterampilan Sosial, Pembelajaran MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) pada pembelajaran matematika di SD Negeri 2 Cimaranten, serta dampaknya terhadap keterampilan sosial siswa kelas IV. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TGT dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dapat menciptakan suasana yang kondusif, meningkatkan keterampilan sosial siswa, dan membuat siswa lebih aktif. Diharapkan, dengan penerapan TGT, siswa dapat lebih mudah memahami materi matematika dan meningkatkan keterampilan sosial mereka, baik dalam mata pelajaran matematika maupun lainnya. Model TGT sebaiknya dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan program pembelajaran yang efektif.