IMPLEMENTASI KURIKULUM PEMBELAJARAN EKONOMI DI PONDOK PESANTREN
Keywords:
Kurikulum, Pembelajaran Ekonomi, Pondok PesantrenAbstract
Kurikulum merupakan sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Permasalahan dalam kurikulum salah satunya yaitu pada penerapan. Permasalah di pondok pesantren modern Daarul Muttaqien 1 Kabupaten Tangerang yaitu pada penerapan 4C dalam kurikulum 2013. Berfokus pada Komunikasi, Kolaborasi atau kerjasama, berpikir kritis dan Kreativitas. Pada penelitian ini bertujuan agar siswa dapat berkomunikasi dengan baik dalam proses pembelajaran, kolaborasi atau kerjasama yang baik sehingga meningkatkan sikap saling menghargai pendapat, bertukar pikiran, berpikir kritis dalam memecahkan masalah yang menjadikan siswa berpengetahuan lebih luas, aktif dalam belajar, dan memiliki sikap kreativitas dalam belajar agar siswa tidak bosan dalam belajar. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif pada pendekatan pengumpulan data melibatkan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian, penerapan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran ekonomi yang berfokus pada penerapan 4C Komunikasi, Kolaborasi atau kerjasama, berpikir kritis dan kreatif. Kesimpulannya yaitu kurikulum 2013 dan proses penerapan 4C berjalan dengan baik, tentunya akan berpengaruh pada keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran ekonomi.