Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa

Authors

  • Firda Halawati Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan

Keywords:

Gaya Belajar, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengetahui gaya belajar siswa. (2) Prestasi belajar siswa. (3) Seberapa besar hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Kawahmanuk Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan dengan jumlah 124 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner gaya belajar dan dokumentasi. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan korelasi dan regresi sederhana. Hasil penelitian mengenai hubungan gaya belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri Kawahmanuk sebagai berikut: (1) Siswa yang memiliki gaya belajar visual sebesar 80% dengan jumlah 99 siswa, gaya belajar audiotorial sebesar 18% dengan jumlah 22 siswa dan gaya belajar kinestetik 2% dengan jumlah 3 siswa. (2) Prestasi siswa tergolong kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 59% dengan jumlah 73 siswa dan kategori tinggi 41% dengan jumlah 51 siswa. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara gaya belajar dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri Kawahmanuk dengan nilai signifikasi 0,001 < 0,05 dengan nilai korelasi 0,299 dengan kategori rendah.

Published

2021-05-05