Peran Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemandirian Peserta Didik

Authors

  • Anggi Pramowardhani Universitas Islam Al-Ihya Kuningan
  • Siti Rohmah Turopipah Universitas Islam Al-Ihya Kuningan

Keywords:

Peran Kreativitas Guru, Pembelajaran Online, Kemandirian Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatabelakangi kondisi yang bertitik tolak dari pergeseran perubahan kebiasaan yang terjadi pada proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19 dalam hal peranan kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran online terhadap kemandirian siswa di SDN 1 Cigadung. Tujuan peneliti ini mendeskripsikan kreativitas guru dalam pembelajaran Online SDN 1 Cigadung, untuk mendeskripsikan proses pembelajaran yang diterapkan SDN 1 Cigadung, untuk mendeskripsikan kesulitan yang dirasakan para pengajar dan siswa dalam pembelajaran tatap maya di SDN 1 Cigadung, untuk mendeskripsikan kemandirian peserta didik dalam pembelajaran online SDN 1 Cigadung. Hasil dari penelitian menjukan bahwa Peran kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Online di masa Pandemi Covid-19 terhadap kemandirian peserta didik di SD Negeri 1 Cigadung  sudah cukup terlaksana cukup baik. Sebagai bukti bahwa ada 3 kreateria dalam kreativitas guru dalam pembelajaran Online  menurut Hamalik yaitu: (1)Perencanaan pada proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Online  (2)Pelaksanaan proses pembelajaran dengan secara Online dengan menggunkan media dan metode yang pas ketika pembelajaran Online berlangsung (3)Evaluasi hasil belajar yang dilakukan secara Online dengan menggunakan google formulir. Sedangkan kreteria dalam kemandirian peserta didik itu juga ada 3 yaitu: (1) inisiatif peserta didik saat proses pembelajaran berlangsung (2)Percaya diri dengan merasa benar bahwa yang dia kerjakan itu benar (3)Memiliki rasa tanggung jawab ketika melaksanakan hak dan kewajibanya sebagai peserta didik.

Downloads

Published

2022-08-16