Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Keywords:
Siswa, Gaya Belajar, Prestasi BelajarAbstract
Latar belakang penelitian ini muncul dari rasa penasaran penulis yang melihat bahwa prestasi belajar matematika siswa di SMA ITUS Jalaksana termasuk dalam kategori rendah sehingga penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini dan guna mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA ITUS Jalaksana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Menemukan pola hubungan dan pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa, dan (2) Membuktikan pola hubungan dan pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMA ITUS Jalaksana. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu bahan atau materi yang dipelajari, lingkungan, faktor instrumental dan kondisi peserta didik. Dalam penelitian ini, faktor yang diteliti adalah faktor lingkungan (stres sekolah) dan kondisi peserta didik (gaya belajar dan konsep diri). Dengan pengelolan lingkungan (stres sekolah) dan kondisi peserta didik (gaya belajar dan konsep diri) yang baik dapat meningkatkan prestasi belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi pearson product moment, determinasi, dan korelasi ganda. Selanjutnya data yang telah terkumpul diolah kemudian ditafsirkan, dianalisis, dan dideskripsikan sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian. Berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa secara signifikan dan pola hubungan searah sebesar 0,330 termasuk kategori cukup kuat.