Peranan Orang Tua Dalam Proses Bantuan Belajar di Rumah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Keywords:
Peranan Orang Tua, Hasil Belajar Peserta didikAbstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orang tua dalam proses bantuan belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik di SDN 1 Karangkamulyan, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peranan orang tua dalam proses bantuan belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu peranan orang tua dalam proses bantuan belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik sangat memegang fungsi yang penting demi pendidikan anaknya terutama dalam belajar, karena nasib dan masa depan peserta didik adalah tanggung jawab orang tua masing-masing. Hasil belajar peserta didik kelas IV sangat memuaskan, karena dalam proses pembelajaran maupun di luar pembelajaran terdapat hubungan interaksi yang berjalan dengan baik antara guru dan peserta didik akan mudah memahami dan menyerap ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh guru dan juga peserta didik mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Faktor faktor pendukung peranan orang tua dalam proses belajar di rumah terhadap hasil belajar peserta didik yaitu dengan memberikan rangsangan baik dalam bentuk reward, punishment, dan perhatian dari orang tua. Sedangkan penghambat peranan orang tua yaitu keadaan peserta didik, kesibukan orang tua, serta lingkungan sekitar.