Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Resensi Pada Peserta Didik

Authors

  • Sri Resnayati a:1:{s:5:"en_US";s:14:"SMAN 1 Ciledug";}
  • Durrotun Nasihah Sa’adah SMAn 1 Ciledug
  • Yayan Tri Wibowo SMAN 1 Ciledug

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar. Bahasa Indonesia pada pokok bahasan resensi dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Ciledug. Metode penelitain.yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan empat tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sampel penelitian terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Tes hasil belajar berupa tes objektif berbentuk esai yang dijadikan sebagai alat penelitian. Keberhasilan belajar dikaitkan dengan Indeks Prestasi (IPH) ≥  80% dan Nilai Ketuntasan Minimum (KKM) ≥ 78. Hasil. penelitian. ini menunjukkan.bahwa.rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia pada pokok bahasan resensi di siklus 1 dan siklus 2 berturut-turut 74,24 dan 80.94. Dari 34 siswapada pretest jumlah siswayang nilainya diatas KKM 10 siswa(29%), pada siklus 1 meningkat menjadi 18 siswa(53%) dan pada siklus 2 meningkat menjadi 28 (82%) dari 100% jumlah peserta didik. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia pada pokok bahasan resensi pada siklus 2 mengalami peningkatan yang signifikan karena telah mencapai IPH dengan presentase kelas diatas 80%. 

Downloads

Published

2022-11-05