Penerapan Model Two Stay Two Stray (TSTS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Materi Manajemen
Keywords:
Model Two Stay To Stray (TSTS), Manajemen, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Ciledug. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkakatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi manajemen. Kondisi kelas awal rata-rata nilainya 71. Dari 36 siswa 11 siswa atau 31% tuntas, dan 25 siswa atau 69% belum tuntas dengan KKM pada mata pelajaran ekonomi adalah 75. Selain itu rendahnya aktivitas dan respon siswa dikelas menjadi faktor yang mempengaruhi. Maka perlu diterapkan sebuah metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi manajemen dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay To Stray (TSTS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Subyek pada penelitian ini adalah Siswa kelas X IPS 2 Berjumlah 36 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 21 perempuan. Diperoleh Hasil belajar siswa pada materi manajemen pada siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Ciledug Tahun Pelajaran 2021//2022 meningkat, dibuktikan dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Peningkatannya bisa dilihat dari presentasi siswa yang mencapai KKM 75 sebanyak 31% sebelum siklus atau pra siklus 56% pada siklus 1 menjadi 94% pada siklus 2. Artinya dari 36 siswa kelas X IPS 2 pada pra siklus sebanyak 11 siswa tuntas menjadi 20 siswa pada siklus 1 dan 34 siswa pada siklus 2. Rata-rata nilai yang diperoleh dalam siklus 1 dan siklus 2 juga meningkat sebesar 7 dari 76 menjadi 83. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Two Stay To Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada materi manajemen kelass X IPS 2 SMA N 1 Ciledug.