Peran Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Teks Cerita Rumpang di Sekolah Dasar
Keywords:
Media Gambar, Hasil Belajar, Teks Cerita RumpangAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apak’ah peran dari media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa di kelas VI SDN Cikijing 4 pada keterampilan menulis teks cerita rumpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif mengunakan desai Pre-Experimental desaign yaitu One Group Pretest-Postest Design. Pengumpulan data berupa tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN Cikijing 4 sebanyak 25 orang. Hasil dari penelitian ini diperoleh niali rata-rata pretest sebesar 71,24 dan hasil posttest dengan nilai rata-rata 82,60. Dari hasil analisis one sampel T test diketahui nilai signifikansi 0,001 < 0,05 yang artinya H1 diterima. Maka dapat disimpulkan rata-rata hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks cerita rumpang meningkat. Media gambar sangat berperan dalam meningkatkan hasil belajar pada keterampilan menulis teks rumpang. Siswa lebih semangat dan bisa memahami pembelajaran dengan mudah karena dihadirkan media yang menarik