Peranan Keterampilan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Keywords:
Peranan, Keterampilan Berbahasa, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan mengenai pembelajaran bahasa Indonesia khususnya kemampuan berbahasa. Beberapa siswa masih kesulitan memahami bacaan, mengemukakan pendapat secara lisan, atau menulis karangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang menggambarkan atau menjelaskan fenomena dan peristiwa sosial yang terjadi di masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Populasi penelitian saat ini meliputi beberapa informan siswa, guru bahasa Indonesia, atau guru kelas SDN I Padamulya. Pengolahan dan analisis data terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data menggunakan triangulasi teknologi, sumber, dan waktu. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, keterampilan berbahasa sangat penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV karena berfungsi sebagai alat komunikasi dan mengembangkan keterampilan kognitif dan sosial siswa. Meskipun terdapat tantangan seperti terbatasnya sumber daya dan kemampuan siswa yang bervariasi, penggunaan metode pembelajaran interaktif dan kolaboratif dapat meningkatkan efektivitas pendidikan. Kedua, pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar mempunyai potensi yang besar, terutama dalam hal mendengarkan dan menulis. Ketiga, keterampilan berbahasa memegang peranan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar, berkontribusi terhadap pengembangan keterampilan kognitif, membaca, dan menulis siswa secara menyeluruh.