ANALISIS PERHITUNGAN PEGAS DAUN PADA TRUK 120 PS DENGAN VARIASIJUMLAH DAUN DAN DIMENSI GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.70476/t6va6s12Keywords:
Pegas daun, Truck Diesel 120 PS, tegangan lentur , faktor keamananAbstract
Perencanaan pegas daun pada kendaraan berat memiliki peran krusial dalam memastikan kenyamanan dan keselamatan operasional. Kajian ini mengevaluasi aspek perencanaan pegas daun bagian depan Truck Diesel 120 PS dengan pendekatan analitis. Data yang dianalisis mencakup berat kendaraan sebesar 2550 kg, beban penumpang 150 kg, dan beban angkut 2770 kg. Setelah koreksi tambahan sebesar 25%, total berat maksimal yang dihasilkan mencapai 6962,5 kg. Distribusi bobot ini menentukan beban per roda menjadi 870,3 kg. Panjang efektif pegas dihitung sebesar 630 mm berdasarkan panjang rentangan keseluruhan 1340 mm dan jarak baut U sebesar 120 mm. Desainnya menggunakan 10 lembar daun pegas yang terdiri dari 1 daun penuh dan 9 daun bertingkat, dengan material baja 50 Cr I yang memiliki tegangan ijin sebesar 36 kg/mm². Panjang master leaf dalam rancangan ini ditentukan mencapai 1804 mm. Dari analisis beban statis diketahui bahwa poros belakang menerima beban sebesar 621,6 kg. Tegangan lentur maksimum ditemukan pada pegas daun nomor 1 yaitu sebesar 17,9 kg/mm², sedangkan tegangan lentur minimum berada pada pegas daun nomor 6 dengan nilai sebesar 4,31 kg/mm². Dengan sifat material yang memiliki kekuatan tarik antara 168–200 kg/mm², desain ini menunjukkan faktor keamanan yang bernilai lebih dari 1, sehingga dianggap memenuhi standar keamanan. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa desain pegas daun tersebut telah terbukti layak untuk digunakan sebagai elemen suspensi utama pada Truck Diesel 120 PS.